Prodi HI UNS Akreditas B

Visi

Menghasilkan sarjana ilmu hubungan internasional yang cerdas, berbudi luhur, profesional, mandiri dan berdaya-saing global.

 Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Hubungan Internasional sehingga menghasilkan lulusan sarjana yang cerdas, profesional, mandiri, berbudi luhur dan berdaya-saing global.

Memfasilitasi mahasiswa Hubungan Internasional menjadi insan yang aktif, kreatif, inovatif, produktif, adaptif dan responsif.

Menyelenggarakan studi dan riset  bidang Hubungan Internasional, yang mengkosentrasikan diri pada studi dan riset bisnis, perdagangan dan kerjasama internasional; kajian diplomasi, studi kawasan, resolusi konflik, terorisme dan studi perdamaian Internasional serta komunikasi internasional melalui media massa dan internet.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi ilmu Hubungan Internasional, seperti : pemberdayaan daerah dalam rangka kerjasama dalam bisnis dan perdangangan internasional, sosialisasi tentang HAM, Gender, pelestarian lingkungan, Kesehatan, Kekuatan Global, Terorisme dengan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait. Prodi Hubungan Internasional UNS sejak awal berdiri telah mendukung dan ikut aktif mempromosikan tercapaianya Komunitas Masyarakat ASEAN sehingga bermanfaat bagi bangsa Indonesia dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan Sekretariat ASEAN di Jakarta.

KOMPETENSI LULUSAN :

Hubungan Bisnis, Perjanjian dan Kerjasama Internasional

Kecakapan dalam menganalisis, merumuskan, dan menawarkan pemecahan masalah dalam hubungan bisnis, perjanjian dan kerjasama internasional;  memba ngun dan mengembangan jaringan internasional dalam bidang bisnis, perdagangan dan kerjasama inter nasional melalui badan-badan pembuat keputusan internasional, termasuk hukum internasional, rule of the game, dan teknik-teknik perundingan, kerjasama serta perjanjian internasional.

Diplomasi Sosio-kultural dan Komunikasi Internasional

Setiap lulusan dari Program studi Hubungan Internasional, FISIP-UNS,  mempunyai kemampuan merundingkan dan membuat kesepakatan-kesepakatan dengan bangsa-bangsa lain baik bilateral maupun multilateral, serta kecakapan melakukan komunikasi, negosiasi, lobi  dalam forum-forum internasional melalui strategi dan taktik  soft power diplomacy,  preventive diplomacy dan social and cultural diplomacy. Implementasi diplomatik yang dijalankan dalam berhubungan dengan bangsa-bangsa melalui first track diplomacy  sampai pada second track diplomacy,  baik dilakukan antara Government to Government  maupun Civil society to Civil society.

2 thoughts on “Prodi HI UNS Akreditas B”

Comments are closed.