Kunjungan ke Harian Joglosemar

Foto Bersama Redaksi Pelaksana Joglosemar, Kaprodi HI, Staf Pengajar HI dan Mahasiswa HI FISIP UNS, tanggal 16 Oktober 2012

(Surakarta, 16/10/2012) Disambut dengan senyum yang ramah oleh Bapak Hamdani dan Bapak Heru, keduanya Redaksi Pelaksana Harian Joglosemar, harian yang usianya masih muda tetapi berkembang sangat cepat. Hal itu merupakan suatu keberhasilan Tim Kerja dari seluruh Pimpinan dan Karyawan Joglosemar untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Kami dari Prodi Hubungan Internasional, FISIP UNS bersama Ketua Prodi Prof.Dr.H Andrik Purwasito, DEA, di dampingi oleh dua staff pengajar HI, Bapak Lukman dan Ibu Icha Paramita mendengarkan dengan khidmad cara kerja media massa yang memihak kepada kebenaran, sesuai dengan hukum positif dan norma serta nilai yang berkembang di masyarakat. Begitu kata Bapak Hamdani.

Surat kabar akan di baca orang apabila mampu mengetengahkan public concern dan public interest,  sehingga masyarakat tercukupi kebutuhan akan informasi. Halaman pertama merupakan etalase yang penting untuk menarik masyarakat membeli koran. Kompetisi media melalui Kepala Berita menjadi andalan setiap surat kabar. Halaman pertama adalah pertaruhan yang mampu menjaga kesetiaan publik terhadap media massa.

Bapak Hamdani tengah menjelaskan mengenai cara kerja pers dan fungsinya dalam masyarakat

Kunjungan

Kunjungan ke Joglosemar menurut Kaprodi adalah bagian dari pemenuhan kompetisi mahasiswa yang berhubungan langsung dengan mata kuliah yang diajarkan yaitu International Communication, public diplomacy and Journalism. Media sebagai pilar keempat demokrasi menempati posisi yang dominan dalam membangun opini publik Internasional. Media massa mampu membangun kepercayaan masyarakat tetapi juga mampu memperkuat rasa kebencian dan konflik di tengah carut marut globalisasi yang semakin kompleks. Oleh sebab itu, setiap mahasiswa hubungan internasional harus mampu membaca situasi politik internasional melalui media massa, seperti Al Jazerra, CNN, CNBC, BBC, ABC, NHK, dan kantor-kantor berita yang memproduksi berita seperti Reuter, AP, AFP, dll.

Media massa mampu membangun kekuasaan global. Oleh sebab itu, media massa menjadi kajian yang sangat penting dalam studi hubungan internasional, khususnya peranan media dalam membangun order internasional yang damai, produktif dan saling menguntungkan. Demikian kunjungan ini akan sangat bermanfaat untuk mengenal lebih awal tentang karakter, fungsi dan peranan media. Begitu tegas Prof. Andrik Purwasito dalam acara tersebut.

Prodi HI mengucapkan terima kasih atas segala fasilitas dan kebaikan hati dari Tim Joglosemar yang telah menerima kami, semoga kerjasama ini terus berlanjut dan produktif.

Tampang para “calon diplomat” kita di masa mendatang. Belajar yang rajin, dari Joglosemar anda ditantang mempunyai kompetensi untuk menulis dan menuangkan gagasan melalui tulisan.