International Studies

Pancasila Diplomacy

NBU WAYANG PERFORMANCE g

The basic of teaching for International Relations Department

Dalam arena globalisasi, setiap bangsa berusaha untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan nasional. Para pelaku hubungan internasional adalah aktor negara dan aktor non-negara. Pola hubungan internasional yang sangat komples  ditentukan oleh tatanan dan sistem internasional yang dibangun melalui proses diplomasi para aktor. Jadi, diplomasi menunjuk pada sistem hubungan internasional.

Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah organisasi yang secara resmi dibentuk untuk menjaga kestabilan keamanan dunia karena adanya berbagai kepentingan negara yang berbeda-beda. Selain organisasi tersebut, lahir berbagai organisasi masyarakat  internasional (NGO) maupun organisasi dan komunitas sekelompok negara yang  ingin mencapai tujuan bersama, seperti ASEAN di Asia Tenggara, MEE di Eropa.

Dalam mencapai kepentingan nasional di luar batas yurisdiksi nasional, Indonesia melakukan berbagai upaya damai melalui diplomasi baik politik, ekonomi, sosial-budaya maupun militer. Dalam mencapai kepentingan tersebut, setiap negara mempunyai landasan dasar yang dituangkan dalam kebijakan politik luar negeri.

Program studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret mengkaji hubungan internasionalberbasis Pancasila.Yakni sebuah paradigma pengkajian yang mendasarkan pada setiap kajian berlandaskan aspek religiositas, humanitas, demokrasi, keadilan dan multikulturalism.

Dengan demikian, tag-line HI “diplomasi Pancasila” adalah pedoman berpikir untuk mengkaji hubungan internasional  secara bebas dan berkearifan lokal, tanpa harus taklid buta terhadap madzab keilmuan dari bangsa-bangsa lain. Program Studi HI, mendorong setiap akademikus HI mengarahkan pengkajian HI untuk mendukung kepentingan nasional Indonesia melalui suatu missi akademik yang memberi kontribusi terhadap perdamaian dunia yang berkeadilan.

Setiap akademikus HI wajib mengkaji hubungan internasional pada landasan berpikir yang demokratis, baik dalam mengkaji kerjasama ekonomi, politik, sosial-budaya, militer, serta mengembangkan sikap kritis dan santun untuk selalu mengedepankan penghormatan terhadap kedaulatan negara, falsafah hidup, ideologi, kehidupan sosial-budaya bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

 This site is published for share of academic experience, theoritically and practice in diplomacy, international cooperation and inter-cultural communication. We are working in International Relations department, focusing in cultural diplomacy and international cooperation

.

Sincerely,

Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA