Pertemuan Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE)

Mr. Muhtadi Sugiyono dari HI UGM memberikan uraian tentang Program KIKE 2013
Mr. Muhtadi Sugiyono dari HI UGM memberikan uraian tentang Program KIKE 2013

Bertempat di Ruang Senat FISIP UNS, KIKE menyelenggarakan FGD bulanan, yang jatuh pada hari Jumat 21 Desember 2012, diselenggarakan dari pk 13.00-16.00 wib, oleh Departemen Hubungan Internasional UNS, yang pada bulan ini mendapatkan kesempatan menjadi Tuan Rumah. Pertemuan dihadiri oleh peserta terdiri atas dosen dan mahasiwa, terutama bagi mereka yang interest terhadap studi Eropa. Pelopor KIKE adalah Mr. Muhtadi Sogiyono dari UGM, di dampingi penggiat KIKE, Mrs. Galuh dari Universitas Respati Yogyakarta, pendorong Miss Qigi dari UNISRI  Solo, dan hadir pula wakil dari UII dan UMY.

Sementara itu, HI UNS adalah Prof. Andrik Purwasito, Kaprodi HI, sekaligus pemakalah, Prof Totok Sarsito, dosen HI dan Direktur S2 Prodi Ilmu Komunikasi, UNS), para staff pengajar HI UNS, Mrs. Icha Paramita, Mr. Lukman Fahmi, Mrs. Salieg Lucky, sedangkan dari mahasiswa HI untuk kajian Eropa, Nypha, Vira, Wiwit, Andrian, dll.

Acara dibuka oleh person in charge Studi Eropa untuk HI UNS, Mrs. Icha paramita, selanutnya disusul dengan sambutan  Kaprodi sebagai Tuan Rumah. Acara berlanjut dengan beramah tamah saling memperkenalkan diri diteruskan makan siang bersama yang diawali dengan doa.

Dalam acara inti, pemaparan tentang Krisis Eropa dan Kepentingan Indonesia oleh Kaprodi HI UNS, sebagai trigger untuk melanjutkan pembicaraan mengenai peluang kerjasama  antara Komunitas Kike dengan Uni Eropa dalam berbagai bidang, antara lain, oleh Mr. Muhtadi disebutkan : (1) menyelenggarakan konvensi, (2) publishing, dan (3) joint research. UGM adalah universitas yang telah melakukan MOU dengan EU sehingga dalam kerjasama tersebut HI UGM menjadi leading sector KIKE. Sedangkan HI UNS mengusulkan pengkajian Multi-track Diplomacy, yang merupakan konsentrasi utama HI UNS.

Prof. Totok Sarsito, Mr. Agung Satyawan, dan Kolega sedang mendengarkan paparan Mr. Muhtadi Sugoyono
Prof. Totok Sarsito, Mr. Agung Satyawan, dan Kolega sedang mendengarkan paparan Mr. Muhtadi Sugoyono

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA

%d bloggers like this: